Kesehatan

Penyebab Katarak Dan Faktor Yang Berisiko

penyebab katarakKatarak merupakan penyakit yang paling tinggi risikonya yang dapat mengakibatkan kebutaan. Jumlah pengidap penyakit ini terus bertambah setiap tahunnya. Penyakit ini merupakan penyakit kekeruhan pada lensa mata, sehingga menyebabkan lensa mata Anda tidak jernih lagi. Keruh atau kabut yang ada pada lensa yang merupakan penyebab katarak ini dapat menyebabkan gangguan penglihatan. Penderita katarak biasanya ketika melihat lampu akan tampak seperti ada lingkaran cahaya. Kemudian jika penderita melihat dengan satu mata akan terjadi benda yang terlihat ganda (double vision). Mata pada penderita katarak juga sensitif terhadap cahaya. Penyakit ini harus segera diobati. Jika tidak akan mengakibatkan dampak yang lebih buruk bahkan kebutaan.

Beberapa Penyebab Katarak Yang Dapat Dicegah

Saat ini diperkirakan penderita katarak telah mencapai 17 juta orang. Jumlah tersebut kemungkinan akan terus meningkat pada tahun 2020. Katarak dapat terjadi karena berbagai macam faktor. Pertama, usia semakin tua dapat menjadi salah satu risiko penyebab katarak. Penyakit ini dapat menyerang orang dewasa, muda dan juga anak-anak. meskipun persentase katarak yang menyerang anak-anak atau bayi yang baru lahir tergolong rendah. Kemudian, infeksi kongenital, efek enzim herediter dan penyakit genetik lainnya juga dapat menyebabkan penyakit katarak. Sebenarnya banyak yang dapat menyebabkan katarak, diantaranya adalah trauma pada mata, karena terpapar sinar matahari untuk waktu yang lama, diabetes, merokok atau penggunaan obat-obat tertentu. Seseorang yang merokok mempunyai kesempatan terkena penyakit ini lebih besar dari pada yang tidak merokok.

Katarak ringan dapat dibantu dengan kacamata dan lampu yang terang. Terkena paparan sinar ultraviolet dalam waktu yang lama dapat mengubah enzim peka panas yang biasanya mampu melindungi mata. Untuk mengobati penyakit ini adalah dengan melakukan operasi ringan. Dalam operasi pengangkatan katarak biasanya dilakukan pembiusan lokal, lensa yang keruh akan diangkat kemudian diganti dengan lensa plastik bening. Operasi pengangkatan katarak dapat dilakukan dengan teknologi fakoemulsifikasi. Teknologi tersebut memungkinkan operasi katarak tanpa jahitan dan pasien dapat langsung menggunakan matanya sesaat setelah operasi. Demikian penjelasan singkat mengenai beberapa penyebab katarak, semoga bermanfaat.

Related posts: