Bisnis

Budidaya Kelapa Sawit dan Pemilihan Lahan

budidaya kelapa sawitBudidaya Kelapa Sawit merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memulai bisnis. Bisnis kelapa sawit memang tergolong memiliki angka komoditas yang cukup tinggi. Belum lagi, hasil utama dari budidaya tanaman yang satu ini, yang tidak lain dan tidak bukan adalah minyak sawit, merupakan salah satu hasil usaha yang sangat membantu perekonomian Negara. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat Anda ingin memulai bisnis kelapa sawit Anda. Salah satu faktor yang paling penting dalam memulai bisnis kelapa sawit adalah faktor penentuan lahan. Bagaimana cara memilih lahan yang tepat? Sebagai seorang calon petani sawit yang sukses, Anda tidak boleh melewatkan tips-tips berikut ini.

Budidaya Kelapa Sawit dan Cara Pemilihan Tanah

Tanah atau lahan dalam budidaya kelapa sawit adalah faktor penting yang bisa menunjang keberhasilan Anda dalam menanam kelapa sawit. Di Indonesia, budidaya tanaman yang satu ini biasanya memang hanya tersedia di beberapa wilayah di Indonesia. Dua pulau yang paling besar lahan kelapa sawitnya adalah pulau Sulawesi dan Kalimantan. Jika Anda ingin memulai untuk bisnis kelapa sawit, Anda bisa memulai dengan membeli lahan di pulau tersebut. Sebagai permulaan, mulailah dengan membeli tanah maksimal sebesar 1 hektar untuk ditanami kelapa sawit.

Harga lahan untuk kelapa sawit pun tentunya sangat beragam. Biasanya, jika posisi lahan dianggap lebih strategis, maka harganya akan lebih mahal. Hal itu dikarenakan dengan posisi yang strategis, bisnis dan budidaya kelapa sawit digadang-gadang akan menjadi lebih lancar dan juga stabil dalam pelaksanaannya. Jika Anda memulai bisnis Anda dengan tanah seluas 1 hektar, maka kira-kira Anda bisa menanam pohon kelapa sawit sebanyak 136 pohon paling sedikit, hingga 180 pohon dalam angka yang paling banyak. Untuk hasilnya, biasanya satu pohon kelapa sawit bisa menghasilkan buah sebanyak 3 kg. Tentunya, jika panen pertama Anda berhasil, maka hasil yang akan Anda dapatkan cukuplah besar. Untuk itu, pemilihan lahan memang menjadi hal penting untuk memulai budidaya kelapa sawit.

Related posts: